Minggu, 17 Januari 2010

trIk Menuntut iLmu

Menuntut ilmu, sampai mendapatkannya saja perlu trik karena memang gampang2 susah – belum lagi kedepannya bagaimana membina ilmu sehingga membuahkan manfaat, benar2 persis seperti wanita deh. Okey kita mulai saja bagaimana trik mendapatkan Ilmu

Ilmu itu persis wanita, sifatnya indah, menarik hati, menggugah selera dan nikmat. Saya serius lho, ilmu itu memang nikmat saat digauli. Bagi saya sendiri yang namanya belajar itu nikmat, lah belajar kan sama saja kita sedang berkutet, sedang bercumbu dengan ilmu – persis saat kita sedang bercumbu dengan wanita. Nikmat, n ga kenal waktu, maunya berlama-lama. Baik, sekarang langsung pada step-by-step nya.

1. Ketertarikan serta minat yang tulus

Ilmu sepreti wanita, dia hanya memberikan sinyal-sinyal keindahannya, berpendar-pendar seperti kunang2. Mencoba menarik perhatian sekelilingnya. Karena itu yang pertama harus Anda miliki adalah MINAT atau tertarik atau interest atau apa saja lah intinya begitu. Ada 2 orang sahabat yang sama2 minat terhadap Bahasa Inggris, tapi belum tentu keduanya sama lho.

Bisa saja si Ali minat terhadap Bahasa Inggris karena dia liat bahwa untuk karir kedepan Bahasa Inggris memang sangat diperlukan, si B lain lagi … dia minat terhadap Bahasa Inggris karena memang merasa bahwa Bahasa Inggris itu menyenangkan, indah – dia ga peduli apa suatu saat dia perlu atau ga yang penting dia merasa ketertarikan yang tulus. Nah, beda kan?

Sama saja kok, kadang ada seorang pria tertarik kepada wanita karena wanita itu dianggapnya kaya, dianggapnya bisa membantu karirnya kedepan. Tapi ada juga yang tertarik kepada wanita ya karena dia tertarik, titik …ga ada alasan apapun juga. Nah tipe kedua ini efeknya lebih dahsyat daripada yang pertama.

Kebanyakan ilmuwan sejati (genuine scientist) adalah dari tipe ke 2, yang memang minat mati tanpa alasan apapun. Makanya tipe 2 ini belajar ga putus2, dari S1 ..S2 ..S3 … selesaikah?? no way, dia ga akan berhenti seperti orang kecanduan, terus ..teruss..udah jadi professoor …masih aja bekutet. Untuk tipe 1 biasanya selesai pada segmen tertentu lalu stop setelah mendapatkannya, contoh setelah wisuda yo wis rampung, setelah jadi PNS dah ngaso untuk selamanya.

Tapi ga apa, yang penting Anda punya ketertarikan. Inilah syarat awal untuk berburu wanita …upss..ilmu.

2. Melangkah mendekati

Iya lah, masa Cuma cengar cengir dari jauh sambil manggut2 saat bertatapan. Anda harus mau mendekati. Nah disini, jangan sembarang mendekati lho. Harus niyat bersih, gunakan pakaian yang bersih, Melangkah dan dekati si wanita itu, tunjukkan minat dihadapannya secara LIVE penuh penghormatan.

Karena ILMU adalah sifat Tuhan, hanya DIA berikan pada hati yang bersih. Yang meminta dan yang memberi sama2 tulus. Lihat tuh bangsa Jepang, kenapa maju? salah satunya adalah penghargaan mereka terhadap ilmu cukup tinggi. Waktu ayah saya almarhum tinggal di Jepang, dia heran melihat murid jalan di depan sekolah saja berhenti dulu dan hormat. Di Indonesia, guru lagi nulis di papan tulis ditimpuk kapur dari belakang. Hihi…tapi kan pahlawan, tanpa tanda jasa

Dekati dan utarakan bahwa Anda berniat ingin memiliki nya. Apakah si wanita ..uppss.. ilmu, langsung pasrah pada Anda?? No Waaayy!! …Wanita tuh senang banget dikejar2 dulu, wanita sangat senang melihat orang bergontok2an demi memiliki nya. Begitupun ilmu. Anda harus start mengejar nya, persis seperti kucing kalau lagi musim kawin. Ngikuuttt… aja kemana tuh wanita nya pergi.

Begitupun Ilmu, Anda harus disiplin mengikutinya, mengejarnya, nempel terus ..jangan sampe ditinggal. Sekali saja Anda tinggal, cape lagi ..Anda start dari awal.

3. Siap berkorban

Anggap saja akhirnya si wanita memutuskan tertarik pada Anda, dan pasrah untuk dimiliki. Ciyee .. apakah begitu saja dia langsung memasrahkan pada Anda? .. hehe, tunjukkan pada nya bahwa dia MAHAL dimata Anda, berikan pengorbanan setinggi-tinggi nya agar dia PASRAH kan dirinya (..ingat disini dia sudah tertarik pada Anda yang sudah siang malam seperti kucing garong nginthil terus si betina nya, tapi belum memasrahkan dirinya). Itulah sebabnya dalam dunia kita ada istilah mahar atau MAS KAWIN.

Semakin tinggi penghormatan yagn Anda berikan pada ilmu yang ingin anda miliki, emakin tinggi pengorbanan yang Anda rela keluarkan untuk ilmu yang ingin Anda miliki, akan semakin besar pula lah penghormatan dari ilmu tersebut kelak di kemudian hari, begitupun sebaliknya. Ingat lho, anda juga harus menghormati orangtua si wanita, dalam hal ini adalah guru dan institusi.

4. Pasrah nya seorang wanita ..:D (Ilmu)



Singkatnya terjadilah penyerahan diri si wanita kepada Anda setelah proses perburuan yang gampang-gampang susah, dengan pengorbanan yang telah Anda keluarkan. Kini wanita tersebut sudah pasrah dan menyerahkan dirinya kepada Anda. Apakah sudah selesai?? …Noo …masih lama, karena Anda harus merawatnya dengan cinta kasih, memeliharanya, membina nya sehingga semakin melebur dan menyatu kedalam diri Anda, dan suatu saat memberikan buah yang manfaat.



Haduh jika saya bukan seorang pecinta wanita …upss…salah mulu, pecinta ilmu mungkin sudah patah dijalan. Saat saya memburu seorang wanita yang namanya ‘bisnis online’, sepenuh perhatian saya curahkan, saya uber kemana pun ngumpetnya, saya keluarkan biaya untuk beli produk ini itu sampai berjuta-juta rupiah – saya serius – demi mendapatkan seorang wanita yang bernama bisnis online itu. Singkatnya sekarang sudah pasrah pada saya, dan ganti ia memberikan pengabdian yang cukup memuaskan setiap hari nya rata-rata Rp. 500.000,-/ per hari, alhamdulillah. Di awal perjalanan kita mengabdi demi ilmu, berkorban demi ilmu – di akhir perjalanan ilmu mengabdi untuk kita. Mantap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar